Rabu, 14 Januari 2009

Membuat User



File Server JA-FILE sudah siap untuk menampung data-data user. Sekarang kita akan meng-create User agar bisa logon ke jaringan jakarta.darinol dan dapat menyimpan data di server.



Sebagai contoh kita akan membuat user bernama Esti Mulyani yang bekerja di department Finance. Berarti di sini kita harapkan setelah Esti Mulyani logon pada komputer, dia mempunyai Home Folder sendiri, dapat mengakses (Read dan Write) folder Finance di driver i: dan bisa mengakses (Read dan Write) folder Public di drive j:, dan diharapkan Esti Mulyani tidak bisa mengakses folder-folder lain.

Buka Active Drectory Users and Computer, buka OU Jakarta Office. Pada bagian kosong click kanan lalu pilih New > User. Pada New Object - User, isi First Name: Esti dan Last name: Mulyani.

Untuk User logon name isi emulyani. Penulis membuat aturan penamaan ini berdasar huruf awal nama depan dan nama belakang user, agar memudahkan administrator untuk maintenance user nantinya.

Ok, click next. Pada window selanjutnya isi Password dan Confirm Password. Untuk default Microsoft Windows Server 2003 mempunyai policy untuk Password yaitu password hendaknya memiliki huruf besar, huruf kecil, angka dan minimal tujuh karakter. Kita di sini mengambil contoh dengan mengisi password: Password1234, sesuai kan� :p

Lalu check Password never expired agar Microsoft Windows Server 2003 tidak memaksa user untuk mengganti password setiap dua bulan sekali. Click next lalau finish.

Eitss� lom selesai..

Click kanan pada object user Esti Mulyani lalu pilih Properties. Pada window Esti Mulyani Properties click tab profile. Disinilah kita membuat Home Folder untuk user. Pada bagian Home Folder pilih Connect lalu pilih drive H: to \\ja-file\users\%username%

Click Apply, maka home folder akan berubah menyesuaikan nama account user.

Sekarang kita akan memasukkan user ini ke dalam grup department-nya yaitu Finance. Click tab Member of lalu click Add. Pada window Select Group isi Finance lalu click Check Names dan Ok lalu akan kembali ke tab Member of, click Apply.


Testing Login pada Komputer Client



Pada window login di komputer client isilah username emulyani, password Password1234 dan Log on to pilih Jakarta lalu enter. Ketika login berhasil dan anda sudah masuk Start Menu, click kanan-lah pada tombol Start lalu pilih explore. Maka akan terbuka Windows Explorer. Pastikan pada My Computer muncul drive H:, I: dan J:

Setelah itu masuklah ke folder-folder yang bisa diakses, cobalah copy dan delete file pada folder-folder tersebut. Untuk user Esti Mulyani yang kita harapkan adalah user ini dapat mengakses drive H:, I:\Departments\Support Division\Finance dan drive J:.

Sedangkan bila mengakses folder-folder lain maka akan muncul Access Denied.



Contact: info [at] darinol [dot] net | Iklan/Advertisment | CSS and XHTML
©Copyright 2007 darinol.net - articles and tutorials

Tidak ada komentar: